TIPS SEHAT DARI KHASIAT DAUN SALAM

Daun salam adalah salah satu bumbu yang biasa digunakan pada berbagai jenis masakan di Indonesia. Pohon salam tingginya bisa mencapai 30 meter. Daun salam dapat dengan mudah didapatkan di sekitar kita, baik memetik langsung dari pohon di pekarangan rumah maupun membeli di pasar sebagai bagian dari bumbu-bumbu dapur. Daun salam memberikan bau yang khas sehingga banyak digunakan dalam berbagai masakan. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, khasiat daun salam ternyata masih sangat banyak.

khasiat daun salam

Daun salam biasanya dimanfaatkan dalam keadaan segar ataupun kering. Daun salam segar yang baik berwarna hijau gelap. Kandungan vitamin yang ada di dalamnya membuat daun salam dapat dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh pada berbagai penyakit. Selain vitamin, kandungan daun salam juga terdapat antioksidan dan zat kimia yang bisa menghambat pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal. Khasiat daun salam bisa didapatkan dengan cara menyeduhnya seperti teh. Rebus daun salam dengan air sampai mendidih kemudian minum air rebusan daun salam secara rutin. Akan lebih baik jika menambahkan madu ke dalam air rebusan daun salam tersebut.

Selain sedap digunakan sebagai bumbu dapur, daun salam juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebagai obat, daun salam memiliki banyak khasiat. Kandungan vitamin A, B dan C-nya sangat baik bagi kesehatan. Selain vitamin, daun salam juga mengandung karbohidrat, serat, kalori dan mineral. Karena itu daun salam banyak dipilih sebagai obat untuk menurunkan tingkat kolesterol, tekanan darah tinggi, sebagai obat batuk, mengobati asam urat dan obat untuk maag dan diare. Khasiat daun salam ini sudah terbukti manjur karena telah digunakan oleh para orang tua kita sejak dulu.

Simak Juga : Cara alami menghilangkan luka bekas jerawat

Khasiat daun salam bukan hanya itu saja. Selain sebagai bumbu dapur dan obat, daun salam juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Jika gigi Anda kuning karena rokok ataupun karena pengaruh kafein, Anda bisa menggunakan daun salam sebagai cara ampuh untuk membuat gigi Anda putih kembali. Caranya adalah dengan mengeringkan daun salam, kemudian ditumbuk bersama dengan kulit jeruk yang juga sudah dikeringkan. Keduanya dicampur dengan air secukupnya sampai menyerupai pasta gigi. Lalu gunakan secara teratur untuk menyikat gigi anda.

Daun salam relatif aman digunakan sebagai penyedap masakan maupun sebagai pengobatan sehari-hari, asal digunakan sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Khasiat pada daun salam ini pemanfaatannya sudah cukup meluas di masyarakat sebagai tradisi turun-temurun. Bahkan daun salam bermanfaat juga sebagai minuman diet karena kandungan enzim pada daun salam dapat melancarkan pencernaan. Khasiat daun salam yang dipadukan dengan tanaman herbal lainnya dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit.
Previous Post
Next Post

0 comments: